2 minutes min

MANFAAT GYPSUM YANG BELUM DIKETAHUI

Posted on 03.02.2022 - updated on: 07.02.2022
MANFAAT GYPSUM YANG BELUM DIKETAHUI

Meski sering mendengar tentang “gypsum”, namun apakah Anda telah memahami lebih jauh apa itu gypsum dan manfaatnya bagi kehidupan?

Pada industri konstruksi dan bahan bangunan sendiri, gypsum dimanfaatkan sebagai pelapis interior untuk dinding dan plafon. Papan gypsum telah diperkenalkan kepada masyarakat luas sejak ratusan tahun lalu, dan mulai saat itu papan gypsum dipercaya sebagai alternatif lain bagi interior bangunan.

 

Di Indonesia, gypsum sangat mudah ditemui di daerah Kalimantan dan Jawa Barat, namun hingga saat ini pemanfaatan gypsum di negara tersebut belum maksimal. Dari total 260 juta penduduk Indonesia, penggunaan gypsum saat ini baru mencapai 100 juta meter persegi dan 95% diantaranya hanya menggunakan untuk plafon dibandingkan untuk sistem lapisan dinding.*

Hal tersebut sangat disayangkan mengingat keuntungan pemakaian papan gypsum sangatlah banyak, seperti perawatan yang mudah dan harga yang ekonomis. Oleh sebab itu, Gyproc Indonesia berkomitmen untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai pemanfaatan gypsum bagi sistem lapisan dinding pada berbagai sektor bangunan di Indonesia.

 

Padahal menggunakan papan gypsum untuk plafon dan dinding atau bagian bangunan lainnya memiliki banyak keuntungan seperti:

  • Menghasilkan plafon yang rata dan mulus serta tidak tampak sambungan.
  • Dapat dibuat beragam bentuk seperti bertingkat (drop up celling), kubah (dome), dan lain-lain.
  • Gypsum mempunyai berbagai aksesoris dan hiasan, seperti lis, hiasan tengah, hiasan sudut, dan lain sebagainya. Hal ini membuat model gypsum dapat bervariasi.
  • Perawatan dan perbaikannya gampang. Jika ada yang rusak tidak perlu mengganti seluruh lembaran, namun cukup dengan memperbaiki bagian yang rusak saja dengan sistem dempul memakai compound (plaster).
  • Proses pemasangannya cepat dan rapi.
  • Tidak gampang terbakar dan dimakan oleh rayap.
  • Mudah ditemukan di pasaran.

Gypsum merupakan salah satu jenis mineral dengan kadar kalsium yang tinggi. Mineral ini memiliki berbagai manfaat dalam sektor kehidupan seperti sebagai bahan obat-obatan, produk kecantikan, hingga material bangunan.

Di Indonesia, gypsum sangat mudah ditemui di daerah Kalimantan dan Jawa Barat, namun hingga saat ini pemanfaatan gypsum di negara tersebut belum maksimal. Dari total 260 juta penduduk Indonesia, penggunaan gypsum saat ini baru mencapai 100 juta meter persegi dan 95% diantaranya hanya menggunakan untuk plafon dibandingkan untuk sistem lapisan dinding.

*Berdasarkan penuturan dari Hantarman Budiono selaku Managing Director SGCPI pada acara media workshop di Jakarta, 21 Juli 2016